Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Inilah 4 Langkah Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri. Itulah yang ada dalam benak Bapak Ahmad sekarang. Beliau sangat rindu untuk bisa mengaji dengan cepat dan benar. Ramadhan tahun lalu beliau lalui dengan kesedihan karena merasa tidak maksimal dengan Al-Qurannya. Pak Ahmad pernah kursus baca Al-Quran namun belum bisa-bisa juga, sehingga selama ini hanya mengulang surat-surat pendek dari juz amma.

Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

Terfikirkan oleh beliau mengundang guru datang ke rumah yang bisa mengajari Cara Cepat Belajar Mengaji, tetapi beliau terkendala dengan usianya yang sudah dewasa dan jadwal pekerjaannya yang cukup padat. Lagi pula beliau agak sungkan bila belajar mengaji dilihat orang-orang rumah.

Apakah Anda mempunyai keinginan seperti Bapak Ahmad untuk mengetahui Bagaimana Agar Bisa Mengaji?

Bila iya, Anda berada di halaman yang tepat, karena pada artikel ini akan kami paparkan betapa mudahnya bisa membaca Al-Quran hanya dalam 4 langkah sederhana. Semoga dengan mempelajari 4 langkah sederhana ini Anda :

  1. Tidak melakukan kesalahan sebagaimana yang dilakukan Bapak Ahmad yang sudah sering belajar mengaji namun belum bisa-bisa juga
  2. Bersemangat untuk memulai belajar lagi dengan konsep dan strategi yang benar.

Kalau kita melakukan survey kepada orang-orang yang sering belajar mengaji namun belum bisa-bisa juga kita akan sampai pada satu kesimpulan bahwa secara teknis penyebab utamanya adalah tidak urut dalam belajar.

Apa maksudnya?

Begini, Belajar baca Al-Quran berbeda dengan pengajian pada umumnya yang merupakan transfer pengetahuan saja. Belajar baca Al-Quran merupakan ketrampilan yang memerlukan intensitas latihan yang cukup dan bertahap. Sama persis seperti Anda berlatih sepeda motor.

Ada 4 Langkah Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri. Tiap langkah harus Anda kuasai dengan baik sebelum naik ke langkah berikutnya

  1. Penguasaan Huruf

Ada 28 huruf hijaiyyah, Anda harus hafal dan berani membaca dengan suara yang keras.

  1. Penguasaan Huruf Sambung

Huruf-huruf yang sudah Anda hafal pada langkah pertama, akan berubah ketika di sambung. Bahkan sebagian huruf berubah cukup drastis ketika di sambung di depan, di tengah, dan di belakang ketika dibandingkan dengan huruf asalnya.

  1. Penguasaan Tanda Baca

Kalau di Bahasa Indonesia, ada istilah huruf vocal, nah dalam bahasa Arab, semua huruf adalah konsonan. Tanda bacalah yang mempengaruhi vokalnya.

  1. Penguasaan Tanda Panjang

Ini juga menjadi salah satu ciri khas bahasa Arab, panjang pendek huruf di atur

Nah apabila Anda ingin belajar ke empat langkah ini secara bertahap, Anda bisa menggunakan buku dan video panduan Metode ABQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *